• Blog Seputar Olahraga, Militer Indonesia dan Dunia

    Senin, 22 Mei 2017

    Jet Tempur Generasi 5 Buatan Turki dengan Kemampuan Siluman - TAI TFX

    Pesawat Tempur Turki
    TAI TFX Pesawat Tempur Masa Depan Buatan Turki dengan Kemampun Canggih - Secara regional Turkey masuk dalam kawasan negara Eropa atau negara barat. Namun jika dibandingkan dengan negara-negara Eropa lainya Turki memiliki keunikan sendiri karena jika dilihat dari faktor budaya dan agama Turki lebih cenderung mirip dengan negara Timur Tengah.

    Turki sendiri tergolong negara Eropa yang makmur dan cukup disegani dalam pergaulan Internasional bahkan jika kita melihat peringkat militer yang dihimpun oleh lembaga militer independen dunia yaitu GlobalFirePower (GFP) pada tahun 2017 ini menempatkan Turki sebagai kekuatan militer nomer 8 di dunia atau peringkat 8 kekuatan militer dunia.

    Kehebatan militer Turki memang dipengaruhi oleh kondisi dalam negeri, dimana pemerintah Turki menaruh perhatian kusus terhadap perkembangan militer dalam negeri. Di era persaingan global dalam perlombaan persenjataan militer, Turki mulai tampil selangkah lebih maju dengan membuat terobosan terbaru untuk membangun kekuatan militer dari dalam negeri sendiri dengan memulai proyek raksasa pembuatan persenjataan militer yang mutakhir. Salah satu proyek militer ambisius Turki adalah pembuatan pesawat tempur generasi 5 dengan bentuan teknolgi dari BAE System dari Inggris.

    Pesawat tempur generasi ke-5 yang dikembangkan oleh Turki dinamakan TAI FX. TAI FX adalah pesawat tempur generasi ke-5 untuk segala cuaca dan memiliki superioritas tempur udara yang sedang dikembangkan oleh Turkey Aerospace Industry (TAI) dengan bantuan teknologi dari BAE System. Pesawat ini dijadwalkan untuk menggantikan pesawat F-16s milik Angkatan Udara Turkeserta sedang direncanakan akan ditawarkan kepada angkatan udara negara lain juga. Proyek ini merupakan salah satu dari proyek-proyek militer yang sedang berlangsung di Turki.

    Skema dan Tahap Pengembangan TAI TFX

    Pada tanggal 15 Desember 2010, Komite Eksekutif Industri Pertahanan Turki (SSIK) memutuskan untuk merancang, mengembangkan, dan memproduksi generasi masa depan untuk jet tempur udara ke udara yang akan menggantikan armada F-16 milik Turki. Pendanaan yang dikeluarkan sekitar $20 juta USD yang dialokasikan untuk tahap desain konseptual 2 tahun yang akan dilakukan oleh TAI. Pejabat TAI telah menyatakan bahwa tahap desain konseptual harus lengkap pada akhir 2013, dengan laporan yang disiapkan dan disajikan kepada Perdana Menteri untuk persetujuan anggaran tahap pengembangan dan kerangka.

    TAI dan TUSAÅž Engine Industry (TEI) akan memimpin proses desain awal dan pengembangan jet tempur. TEI akan lebih fokus pada produksi mesin pesawat, sementara TAI akan mengembangkan badan pesawat dan komponen lainnya. Studi akan mengungkapkan berapa banyak biaya yang akan dikeluarkan untuk jet tempur tersebut.

    Bantuan teknologi dari BAE Systems

    Pada bulan Desember 2015, SSM mengumumkan bahwa mereka akhirnya memilih BAE Systems pabrikan pespur dari Inggris untuk membantu pembuatan pesawat dengan desain generasi masa depan jet tempur dengan kemampuan superioritas udara. Namun pada hari yang sama, Rolls-Royce juga menawarkan (ToT) transfer teknologi  EJ200 dan bersamaan dengan pengembangan derivatif untuk program TFX kepada Turki.

    Angkatan Udara Turki berniat untuk memperoleh atau mengadakan sekurangnya 250 unit pesawat tempur TFX mulai dari tahun 2025 dan mengintegrasikan mereka dalam struktur Angkatan Udara jaringan-centric yang terdiri dari F-35, F-16 Block 50 +.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Teknologi Militer

    Militer Dunia

    Militer Indonesia