• Blog Seputar Olahraga, Militer Indonesia dan Dunia

    Sabtu, 13 Mei 2017

    Roket Terbesar Buatan Indonesia Terbaru 2017 - Calon Rudal dan Misil Indonesia

    Roket RX-550
    Roket RX-550 Terbesar Buatan Indonesia Terbaru 2017 - Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia tentunya memiliki berjuta-juta kekayaan alam sebagai potensi perekonomian yang besar. Negara dengan sumber daya alam yang besar tentu saja menjadi pusat perhatian negara lain dan tidak menutup kemungkinan kekayaan dan sumber daya alam yang ada bisa menjadi incaran negara lain.

    Sebagai negara dengan wilayah yang luas, tentu saja tugas yang berat berada pada pundak militer Indonesia dalam menjaga keutuhan dan kedaulatan negara serta setiap jengkal wilayah yang kaya akan sumber daya alam.

    Untuk menjaga semua itu, Indonesia haruslah memiliki senjata serta kekuatan militer yang tangguh dengan berprinsi pada kemandirian nasional. Indonesia yang kini semakin sadar akan produksi alat-alat militer dalam negeri tentunya didasari akan pengalaman pahit masa lalu ketika Indonesia mendapat sangsi embargo senjata yang membuat militer Indonesia bak macan ompong.

    Tak ingin masa lalu yang buruk terulang, berbagai macam Industri militer strategi telah dibandun pemerintah seperti pabrik senjata, bom, pabrik pesawat, pabrik kapal, dan berbagai projek militer janka panjang seperti pesawat temput (jet) dan roket untuk sipil dan militer.

    Salah satu proyek bernuansa sipil-militer yang membanggakan dari putra-putri Indonesia datang dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) yang telah melakukan penelitian dan pengembangan roket nasional semenjak tahun 1964. Indonesia merupakan negara kedua di kawasan Asia dan Afrika yang telah meluncurkan roketnya sendiri (roket Kartika), setelah negeri matahari terbit (Jepang).


    Roket RX-550


    RX-550 diklaim sebagai roket paling besar yang pernah LAPAN kembangkan, yaitu kaliber sekitar 550 mm. Roket ini menggunakan bahan bakar hydroxyl toluen poly butadiene (HPTB) ini yang memiliki daya jangkauan sekitar 533 km dan mampu terbang dnegan ketinggian 150 Km. Roket ini juga bisa mengorbit layaknya satelit dengan panjang sampai 10 meter pada komponen level pertama dan level kedua. Kecepatan maksimumnya berhasil menembus angka Mach 7.67, terlebih lagi roket ini mampu ditumpangi payload hingga 300 kg, yang artinya untuk keperluan militer roket ini mampu membawa hulu ledak yang cukup berat dan berpenghancur tinggi.

    Roket dengan diameter 550 meter dan panjang 6 meter ini adalah pengembangan dari roket-roket Lapan yang telah dibuat sebelumnya, seperti RX-420. Roket ini juga bisa digunakan sebagai pendorong (boster) utama untuk roket satelit, sehingga kegunaannya pun masih sangat banyak.

    Berikut adalah spesifikasi lengkap roket RX-550 buatan Lapan yang nantinya bisa menjadi cikal bakal rudal atau misil Indonesia serta roket peluncur satelit.

    Spesifikasi Roket RX-550:
    • Panjang : 14,91 meter
    • Diameter : 0,555 meter
    • Litoff weight : 4.943 Kg
    • Potential payload weight : 300 Kg
    • Total propellant Mass : 3.072 Kg
    • Maximum Speed : Mach 7.67
    • Maximum Range : 533 Km
    • Maximum altitutude : 150 Km


    Sahabat pecinta militer tanah air tentunya tidak sabar melihat proyek roket RX-550 ini bisa berjalan dengan demikian potensi pembuatan senjata militer seperti rudal sampai  misil tanah air bisa terwujud.

    1 komentar:

    1. ya semoga indonesia dapat membuat roket yang lebuh dari ini tanpa membebani rakyat

      BalasHapus

    Teknologi Militer

    Militer Dunia

    Militer Indonesia