• Blog Seputar Olahraga, Militer Indonesia dan Dunia

    Jumat, 01 Desember 2017

    5 Kapal Induk Paling Canggih dan Terbesar di Dunia 2018

    Aircraft Carrier Warship
    Daftar 5 Kapal Induk Terbesar di Dunia : Pesawat Carrier / Super Carrier / Carrier Vessel adalah kapal perang yang berisi pesawat tempur dalam jumlah besar. Tugasnya adalah memindahkan angkatan udara ke dalam armada angkatan laut sebagai pendukung operasi angkatan laut. Hal ini juga digunakan sebagai pusat komando operasional dan sebagai penguat kekuatan atau memberi efek gentar pada lawan. Kapal yang mengangkut pesawat terbang, kapal induk memiliki pesawat tempur yang lebih tinggi daripada kapal perang jenis lain. Selain penggunaan tempur, kapal induk juga memiliki fungsi seperti fungsi pengintaian, superioritas udara, atau bantuan.

    Dalam sejarah militer, kapal induk tersebut pertama kali digunakan oleh Angkatan Laut Inggris, namun sampai di dekat perang dunia kedua, negara-negara barat termasuk Amerika Serikat masih enggan menggunakannya sebagai angkatan laut besar. Konsep konvensional armada angkatan laut saat itu didominasi oleh kapal-kapal jelajah berat, kapal pesiar, kapal perusak dengan meriam yang cukup besar, ini memang karena kapal tersebut dianggap rentan dan berisiko bila digunakan dalam operasi maritim.

    Karena ukuran dan fungsinya yang besar, biaya untuk membangun carrier sangat mahal, jadi tidak semua negara pernah mengoperasikan Aircraft Country. Terbukti sampai sekarang hanya 14 negara yang pernah menggunakan kapal induk. Mereka adalah Jerman, Jepang, Australia, Belanda, Argentina, Amerika Serikat, Rusia, Prancis, Inggris, China, India, Italia, Spanyol, dan Brasil. Kapal induk biasanya digerakkan dengan tenaga nuklir, mampu berfungsi selama puluhan tahun

    Lalu dari berbagai kapal induk di dunia, mana yang ada di daftar carrier terbesar sekarang? Daftar 5 kapal induk terbesar.

    Largest Aircraft Carrier : INS Vikramaditya

    5. INS Vikramaditya - India

    Nomor 5 dari Kapal Induk Terbesar berasal dari India bernama INS Vikramaditya. INS Vikramaditya adalah kapal induk kelas Kiev yang dimodifikasi yang mulai beroperasi dengan Angkatan Laut India pada tahun 2013. Dia telah berganti nama untuk menghormati Vikramaditya, seorang kaisar legendaris Ujjain, India. Panjangnya adalah 928 kaki, 45.000 Ton Displacement, dan bisa membawa hingga 50 pesawat terbang.
    Largest Aircraft Carrier : HMS Queen Elizabeth (R08)

    4. HMS Queen Elizabeth - UK

    Nomor 4 dari Kapal induk Terbesar berasal dari Inggris bernama HMS Queen Elizabeth (R08). HMS Queen Elizabeth (R08) adalah kapal utama kelas Ratu Elizabeth dari Supercarrier, kapal perang terbesar yang pernah dibangun untuk Angkatan Laut Kerajaan Inggris dan mampu membawa hingga empat puluh pesawat terbang. Kapal tersebut dinamai oleh Ratu Elizabeth II pada tanggal 4 Juli 2014, dan memulai uji coba laut pada tanggal 26 Juni 2017 dan secara resmi akan ditugaskan pada akhir tahun 2017. Panjangnya adalah 932 kaki, 65.000 Ton Displacement, dan dapat membawa hingga 40 pesawat terbang.

    Largest Aircraft Carrier : Admiral Kuznetsov

    3. Admiral Kuznetsov - Russia

    Nomor 3 dari Kapal Induk Terbesar datang dari Rusia bernama Admiral Kuznetsov. Admiral Kuznetsov adalah sebuah kapal penjelajah pesawat terbang (kapal penjelajah rudal berat pesawat terbang, atau TAVKR, dalam klasifikasi Rusia) yang berfungsi sebagai kapal induk Angkatan Laut Rusia. Dia dibangun oleh Shipyard Laut Hitam, satu-satunya pabrikan kapal induk Soviet, di Nikolayev di dalam Republik Sosialis Soviet Soviet. Nama awal kapal itu adalah Riga; dia diluncurkan sebagai Leonid Brezhnev, memulai uji coba laut sebagai Tbilisi, dan akhirnya bernama Admiral Flota Sovetskogo Soyuza Kuznetsov. Kapal itu dinamai Laksamana Armada Uni Soviet Nikolay Gerasimovich Kuznetsov. Panjangnya 985 kaki, 59.000 Ton Displacement, dan bisa mengangkut hingga 50 pesawat terbang.

    Largest Aircraft Carrier : Liaoning

    2. Liaoning (Admiral Kuznetsov Class) - China

    Nomor 2 dari Kapal Induk Terbesar berasal dari nama China Liaoning. Liaoning adalah kapal induk tipe 001, adalah kapal induk pertama yang ditugaskan ke Angkatan Darat Pembebasan Rakyat Angkatan Darat Angkatan Darat. Kapal ini diklasifikasikan sebagai kapal pelatihan, yang dimaksudkan untuk memungkinkan Angkatan Laut untuk bereksperimen dan mendapatkan keakraban dengan operasi kapal induk.

    Awalnya ditetapkan pada tahun 1985 untuk Angkatan Laut Soviet sebagai kapal penjelajah kelas Kuznetsov Riga, dia diluncurkan pada tanggal 4 Desember 1988 dan berganti nama menjadi Varyag pada tahun 1990. Setelah pembubaran Uni Soviet pada tahun 1991, pembangunan dihentikan dan kapal tersebut dipasang. untuk dijual oleh Ukraina Hulk yang dilucuti itu dibeli pada tahun 1998 dan ditarik ke galangan kapal laut Dalian di timur laut China.

    Kapal tersebut dibangun kembali dan ditugaskan ke Tentara Pembebasan Rakyat (RAN) sebagai Liaoning pada tanggal 25 September 2012. Penunjukan kelas kapal China adalah Tipe 001. Pada bulan November 2016, komisaris politik Liaoning, Commodore Li Dongyou, menyatakan bahwa Liaoning adalah pertarungan siap. Panjangnya 985 kaki, 59.000 Ton Displacement, dan bisa mengangkut hingga 50 pesawat terbang.


    Largest Aircraft Carrier : USS Gerald R. Ford

    1. USS Gerald R. Ford - USA

    Kapal Pengangkut Pesawat Terbesar berasal dari AS bernama USS Gerald R. Ford. USS Gerald R. Ford adalah kapal induk kelas supercar Angkatan Laut Amerika Serikat. Kapal tersebut dinamai Presiden ke-38 dari Amerika Serikat Gerald Ford, yang dinas kelautan Perang Dunia II termasuk tugas tempur di atas kapal induk ringan Monterey di Pacific Theatre.

    Ketinggian Gerald R. Ford ditetapkan pada tanggal 13 November 2009. Konstruksi dimulai pada tanggal 11 Agustus 2005, ketika Northrop Grumman mengadakan pemotongan baja seremonial untuk pelat 15 ton yang merupakan bagian dari unit shell samping kapal induk. Gerald R. Ford memasuki armada menggantikan USS Enterprise yang tidak aktif (CVN-65), yang mengakhiri 51 tahun layanan aktifnya pada bulan Desember 2012. Awalnya dijadwalkan untuk dikirim pada tahun 2015, Gerald R. Ford telah dikirim ke Angkatan Laut pada tanggal 31 Mei 2017 dan secara resmi ditugaskan oleh Presiden Donald J. Trump pada tanggal 22 Juli 2017. Dia diharapkan untuk berangkat pada penyebaran pertamanya sekitar tahun 2020. Panjangnya adalah 1.092 kaki, 100.000 Ton Displacement, dan dapat membawa sampai 80 Pesawat terbang.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Teknologi Militer

    Militer Dunia

    Militer Indonesia