• Blog Seputar Olahraga, Militer Indonesia dan Dunia

    Selasa, 06 Juni 2017

    Daftar 5 Pesawat Tempur Paling Canggih dan Mematikan Tahun 2017

    Pesawat Tempur Tercanggih
    Daftar Pesawat Tempur Paling Canggih dan Modern Tahun 2017 - Memasuki era militer modern, setiap negara berlomba-lomba mendesain dan membuat pespur (pesawat tempur) yang sangat mutakhir untuk memperkuat kekuatan militer khususnya dari segi Angkatan Udara. Pesawat tempur memang menjadi senjata miiter andalan dalam melumpuhkan kekuatan militer musuh, karena pesawattempur memiliki banyak keunggulan seperti halnya kecepatan, jangkauan operasi, persenjataan jarak jauh, serta dapat menyusup tanpa terdeteksi radar.

    Sampai tahun 2017, pesawat tempur baru memasuki generasi ke-5, walaupun sempat terdengar rumor beberapa industri militer penerbangan telah memulai penelitian dalam pengembangan pesawat tempur generasi ke-6. Pada dasarnya teknologi pesawat tempur memang sangat rahasia, sehingga masih sangat sedikit negara yang mampu memproduksi pesawat tempur sendiri. Tercatat, beberapa negara modern dengan industri militer yang mumpuni lah yang sudah mampu memprodusk pesawat tempur modern mulai dari generasi 4+ sampai dengan generasi 5.

    Beberapa negara yang sudah mampu memproduksi pesawat tempur generasi 5 antara lain Amerika Serikat, Rusia, Prancis, Swedia, Jepang, dan China. Apakah anda penasaran apa saja pesawat tempur (jet tempur) yang paling mutakhir dan mematikan saat ini?Seperti apa kemampuan jet-jet tempur tersebut, dan negara asal pembuat jet tempur tersebut.

    1. Sukhoi T-50 PAK FA


    Di urutan pertama ada pesawat tempur asal Rusia dengan kemampuan siluman dan manuver yang sangat lincah. Sukhoi T-50 PAK FA adalah jet tempur generasi kelima yang dikembangkan oleh Sukhoi OKB untuk Angkatan Udara Rusia. Pembuat pesawat tempur ini direncanakan untuk menggantikan jet tempur Mig-29 Fulcrum dan Su-27 Flanker pada sistem pertahanan udara Rusia. Pesawat Sukhoi T-50 sengaja dirancang untuk menandingi jet tempur siluman F-22 Raptor dan F-35 Lightning II milik AS. Penerbangan perdana Sukhoi T-50 dilakukan pada tanggal 29 Januari 2010.

    2. F-22 Raptor


    Di urutan kedua ada pesawat super canggih dari Amerika Serikat yaitu F-22 Raptor pabrikan Lockheed Martin. F-22 Raptor adalah pesawat tempur siluman buatan Amerika Serikat. Pesawat ini awalnya direncanakan untuk dijadikan pesawat tempur superioritas udara untuk digunakan menghadapi pesawat tempur Uni Soviet, tetapi pesawat ini juga dilengkapi peralatan untuk serangan darat, peperangan elektronik, dan sinyal intelijen. Pesawat ini melalui masa pengembangan yang panjang, versi prototipnya diberi nama YF-22, tiga tahun sebelum secara resmi dipakai diberi nama F/A-22, dan akhirnya diberi nama F-22A ketika resmi mulai dipakai pada Desember 2005

    3. F-35 Lightning 2


    Di tempat ketiga ditempati oleh pespur asal Amerika Serikat juga, bedanya pesawat F-35 ini adalah pesawat tempur generasi 5 yang boleh dijual ke luar negeri dibanding F-22 Raptor yang hanya dikhusus kan untuk Angkatan Udara AS. F-35 Lightning II adalah hasil pengembangan dari pesawat X-35 dalam program Joint Strike Fighter. Pesawat ini adalah pesawat tempur supersonik berkursi tunggal, bermesin tunggal, yang dapat melakukan banyak fungsi, antara lain pertempuran udara-ke-udara, dukungan udara jarak dekat, dan pengeboman taktis. Pengembangan pesawat ini dibiayai oleh Amerika Serikat, Britania Raya dan beberapa negara lainnya.

    4. J-20 Chengdu


    Di urutan ke-4 ada pesawattempur buatan China / Tiongkok, yang merupakan pesawat generasi ke-5. Chengdu J-20 adalah pesawat tempur prototipe generasi kelima , siluman , twin-mesin yang dikembangkan oleh Chengdu Aircraft Industry Group untuk Angkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat Cina (PLAAF). J-20 melakukan penerbangan pertama pada tanggal 11 Januari 2011. Jenderal He Weirong, Wakil Komandan Angkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat mengatakan pada November 2009 bahwa ia berharap J-20 akan beroperasi pada 2017-2019.

    5. Sukhoi Su-35

     
     
    Di urutan kelima ada pespur pabrikan dari Sukhoi dengan nama Sukhoi Su-35 (NATO menyebut Flanker-E).Sukhoi Su-35 (kode NATO: Flanker-E) adalah pesawat tempur multiperan, kelas berat, berjelajah panjang, dan bertempat duduk tunggal asal Rusia. Pesawat ini dikembangkan dari Su-27, dan awalnya diberi nama Su-27M.[6] Pesawat ini dikembangkan untuk menandingi F-15 Eagle dan F-16 Fighting Falcon. Karena kesamaan fitur dan komponen yang dikandungnya, Su-35 dianggap sebagai sepupu dekat Sukhoi Su-30MKI, sebuah varian Su-30 yang diproduksi untuk India. Pesawat ini sendiri merupakan seri flanker terakhir dan merupakan pengisi kekosongan generasi antara generasi 4 dan generasi 5, bisa dimasukkan dalam generasi 4++.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Teknologi Militer

    Militer Dunia

    Militer Indonesia