• Blog Seputar Olahraga, Militer Indonesia dan Dunia

    Kamis, 11 Mei 2017

    Peringkat dan Kekuatan Tentara Militer Indonesia 2017

    Miiter Indonesia 2017
    Peringkat Kekuatan Militer Indonesia Terbaru di Mata Dunia 2017, No 14 di Dunia - Indonesia adalah negara besar, jika ditinjau dari luas wilayah dan jumlah penduduk. Indonesia menempati negara terbesar ke-4 dengan jumlah penduduk di seluruh dunia setelah Tiongkok, India, dan Amerika. Sebagai negara kepulaun yang besar tentu saja Indonesia memiliki potensi sumber daya kekayaan alam yang melimpah dengan potensi perekonomian yang besar.

    Sumber kekayaan yang melimpah yang dimiliki Indonesia memang belum bisa maksimal dikonversi menjadi kekuatan ekonomi sepenuhnya, mengingat sumber daya manusia yang belum memadai. Indonesia dengan segala kekayaanya dan potensi ekonomi yang besar haruslah dijaga dengan kekuatan yang besar pulau.

    Satu-satunya garda terdepan ujung tombang sebagai alat untuk menjaga kedaulatan bangsa dari segala ancaman baik dari dalam maupun luar adalah militer Indonesia (Tentara Nasional Indonesia). Sebagai negara yang besar tentu saja, Indonesia perlu membangun komposisi militer yang ideal sebagai negara kepulauan dengan luas wilayah yang tidak terbatas.

    Indonesia dengan semangat kemerdekaan 45 selalu membangun kekuatan militer dengan kemampuan ekonomi yang dimiliki, dan mengalokasikan anggaran yang ideal untuk membangun kekuatan militer baik dikawasan Asia Tenggara maupun Asia Pasifik.

    Dari tahun ke tahun peningkatan alutista, pasukan, dan teknologi militer selalu dilakukan pemerintah Indonesia demi mendukung kekuatan pasukan militer Indonesia. Akan tetapi sebagai negara berkembang dengan perekonomian yang belum ideal jika dibandingkan sumber kekayaan yang ada, tentu saja menjadi halangan utama bagi Indonesia untuk membangun militer.

    Akan tetapi jika kita lihat dari usaha pemerintah dalam rangka membangun kekuatan militer Indonesia yang mandiri seperti adanya pabrik senjata plat merah (PT. Pindad), pabrik bom, pabrik kapal, pabrik pesawat, dan proyek-proyek jangka panjang seperti roket dan pesawat tempur patut kita acungi jempol.

    Jika kita berbicara tentang peringkat militer Indonesia tentu saja kita berbicara kekuatan Tentara Nasional Indonesia (TNI), kali ini kita akan mengambil daftar peringkat kekuatan militer dunia (rangking militer) yang dihimpun oleh GFP (Global Fire Power) pada tahun 2017.

    Menurut lembaga independen militer dunia yang kredibel yaitu Global Fire Power (GFP) dengan mengumpulkan sumber informasi dari berbagai referensi di Internet menempatkan Indonesia di posisi ke-14 dari seluruh negara di dunia dengan power index 0.4371 atau 1 peringkat dibawah pakista yang menempati peringkat ke-13. Walaupun posisi militer Indonesia no-14 dunia, namun jika dipandang dari kawasan Asia tenggara kekuatan militer Indonesia masih menjadi yang terkuat di kawasan Asia Tenggara.

    Berikut adalah 15 daftar peringkat militer di dunia tahun 2017 menurut GFP, dimana Indonesia masuk dalam peringkat ke-14.

    Ranking
    GFP Indek dan Negara
    1
    0.0897 - USA (North America; NATO)
    2
    0.0964 - Russia (Asia)
    3
    0.0988 - China (Asia)
    4
    0.1661 - India (Asia)
    5
    0.1993 - France (Europe; NATO; Eunion)
    6
    0.2164 - United Kingdom (Europe; NATO)
    7
    0.2466 - Japan (Asia)
    8
    0.2623 - Turkey (Asia; Middle East; NATO)
    9
    0.2646 - Germany (Europe; NATO; Eunion)
    10
    0.2724 - Italy (Europe; NATO; Eunion)
    11
    0.2824 - South Korea (Asia)
    12
    0.3056 - Egypt (Africa; Middle East)
    13
    0.3246 - Pakistan (Asia)
    14
    0.3354 - Indonesia (Asia; Southeast)
    15
    0.3359 - Brazil (South America; Latin)

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Teknologi Militer

    Militer Dunia

    Militer Indonesia