• Blog Seputar Olahraga, Militer Indonesia dan Dunia

    Selasa, 30 Mei 2017

    Kapal Selam Canggih Buatan Indonesia Terbaru Kaledupa - Tanpa Awak

    Kapal Selam Kaledupa
    Kapal Selam Tanpa Awak Kaledupa Buatan Indonesia - Indonesia sebagai negara yang besar dengan kekayaan sumber daya alam dan manusia, sudah mulai berpikir maju dalam pengembangan teknologi dalam negeri. Salah satu terobosan terbaru dari Industri sipil dan militer Indonesia yaitu dengan hadirnya berbagai teknologi alternatif untuk sipil dan militer pada akhir tahun 2016 ini berupa kapal selam tanpa awak (ROV) dengan nama kaledupa dari PT. Robo Marine.

    Pengembangan kapal selam tanpa awak ini pada dasarnya ditujukan untuk keperluan militer dalam rangka memperkuan penjagaan wilayah air Indonesia yang sangat luas sehingga butuh kuantitas dan kualitas baik dari sisi teknologi alat maupun kualitas personil-nya.

    Sekilas ROV Kaledupa


    Direktur Departemen Pertahanan untuk industri pertahanan dan teknologi, Brigjen Jan Pieter Ate, mengatakan bahwa kapal selam tak berawak dengan nama Kaledupa itu dapat beroperasi pada kedalaman 150 meter.

    Kaledupa adalah kapal selam tanpa awak yang dibuat oleh PT Robo Marine Indonesia, satu perusahaan teknologi yang berbasis di Bandung, Jawa Barat.
    “Kementerian Pertahanan telah memerintahkan industri pertahanan untuk mengembangkan teknologi untuk kapal selam tak berawak ini. Kami telah menunjuk PT Robo Marine Indonesia karena perusahaan tersebut memiliki keterampilan dalam teknologi ini,” ujar Jan Pieter yang di lansir The Jakarta Post.

    Guna mendapatkan sertifikat kelayakan, Kaledupa ini telah diuji di perairan Wakatobi, Sulawesi Tenggara.

    “Selama pengujian, Kaledupa berhasil membuktikan semua kelebihannya. Kami berharap perkembangan teknologi baru ini akan mengurangi ketergantungan kita pada sistem persenjataan asing,” kata Jan Pieter.

    Beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Kaledupa adalah teknologi penginderaan bawah air, perekam bawah air dengan resolusi HD dan alat-alat pencahayaan LED yang membantu kapal selam melihat ratusan meter di bawah laut.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Teknologi Militer

    Militer Dunia

    Militer Indonesia