• Blog Seputar Olahraga, Militer Indonesia dan Dunia

    Minggu, 21 Mei 2017

    Hebat, 5 Senjata Militer Canggih Made in Indonesia Disegani Dunia Terbaru

    Senjata Buatan Indonesia
    Alutsista Militer Canggih Buatan Asli Indonesia Yang Menggemparkan Dunia Terbaru - Indonesia dari awal merdeka selalu berkomitmen dan menaruh perhatian kusus kepada kedaulatan negara, untuk menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dari ancaman-ancaman asing cara terbaik adalah dengan memperkuat pasukan militer baik secara personil maupun persenjataan.

    Tentara Nasional Indonesia adalah garda terdepan pertahanan militer Indonesia yang menjaga kedaulatan wilayah Indonesia, untuk mendukung kekuatan militer Indonesia pemerintah berkomitmen dalam membangun industri strategis militer. Pembangunan industri strategis militer dalam Negeri tidak lain bertujuan untuk membangun kekuatan militer yang mandiri dan ideal. Dengan mampu meproduksi senjata militer dan peralatan tempur baik peralatan tempur kelas ringan (misalnya senapan serbu) dan peralatan tempur kelas berat ( Bom, Pesawat, dan Kapal Perang).

    Dengan dibangunya berbagai industri militer di Indonesia, otomatis berbagai peralatan militer yang canggih berhasil di produksi dari dalam negeri. Tidak hanya persenjataan militer ringan yang telah diproduksi dalam negeri, namun berbagai alutsista militer canggih telah di produksi dalam negeri seperti kapal perang, kapal siluman canggih, APS, pesawat terbang, sampai roket untuk keperluan sipil dan militer.

    Memasuki tahun 2010 pemerintah Indonesia semakin serius dalam membangun alutsista dalam negeri, salah satu proyek terbesar dan membanggakan dalam negeri yaitu proyek kapal siluman trimaran, selain itu masih ada lagi yaitu proyek pesawat tempur KFX/IFX dengan korea selatan.

    Berikut adalah 5 alutsista militer canggih asli buatan Indonesia 2017 :

    1. Senapan Serbu SS-2

    Senjata kelas ringan untuk alutsista militer buatan Indonesia yang sangat terkenal ketangguhanya di mata dunia internasional adalah senapan serbu SS-2 yang di buat oleh PT. Pindad Indonesia. Senjata militer berupa senapan serbu ini sudah di ekspor dan dipakai oleh berbagai negara dan telah diakui kehebatanya oleh militer berbagai negara di dunia. Negara-negara yang menjadi langganan senjata ini seperti Thailand, Singapura, Nigeria, Zimbabwe, dan Mozambik.

    2. Kepala Roket (Smoke Warhead)

    Selain senapan, Indonesia juga telah mampu memproduksi senjata mematikan berupa kepala roket Smoke Warhead dengan ukuran diameter 70 mm.  Smoke Warhead ini bisa dipasangkan ke pesawat tempur ringan Super Tucano, Smoke Warhead ini di produksi oleh PT. Bahari yang ada di Malang Jawa Timur.

    3. Pesawat Tanpa Awak Smart Eagle II (SE II)

    Smart Eagle II adalah pesawat intai tanpa awak (drone) yang digunakan untuk kepentingan intelijen Indonesia. Smart Eagle II menjadi prototipe Unmanned Aerical Vehicle (UAV) pertama buatan PT. Aviator Teknologi Indonesia yang dilengkapi dengan colour TV camera. Menggunakan mesin 2 tak, berkapasitan 150 cc dan Thermal Imaging System. UAV ini bisa terbang selama 6 jam dan beroperasi pada malam hari.

    4. Panser Anoa (APS)

    Panser Anoa merupakan kendaraan lapis baja untuk mengangkut personil yang diproduksi PT. Pindad yang mampu menahan tembakan senjata  AK47 dan M-16. Jenis panser APS ukuran 6x6 ini dilengkapi senapan mesin berkaliber 12,7 mm atau granat otomatis berkaliber 40 mm. Selain itu kelebihan senjata militer ini memiliki modus malam (mampu beroperasi malam hari), sistem komunikasi VHF/FM, dan daya derek 6 ton. Beberapa negara mengaku puas mengoperasikan panser anoa ini, seperti Malaysia dan Oman.


    5. Pesawat CN 235-MPA

    Salah satu produk militer Indonesia yang sangat canggih dan disegani dunia adalah pesawat CN 235 - MPA hasil produksi PT. Dirgantara Indonesia. Pesawat ini dilengkapi berbagai peralatan canggih diantaranya sistem penjejak panas, Magnetic Anomaly Detection System, dan Radar Warning Receiver. Selain itu pesawat ini juga dapat dipasang rudal ataupun torpedo ringan anti kapal. Banyak negara telah merasakan kehebatan pesawat militer untuk patroli laut ini seperti Saudi, Korea Selatan,dan Senegal.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Teknologi Militer

    Militer Dunia

    Militer Indonesia