• Blog Seputar Olahraga, Militer Indonesia dan Dunia

    Rabu, 17 Mei 2017

    Peringkat Kekuatan Militer Indonesia No. 14 di Dunia Tahun 2017

    Militer Indonesia di Dunia
    Peringkat Kekuatan Militer Indonesia Terbaru di Dunia Tahun 2017 - Indonesia sebagai negara besar dengan batas wilayah yang sangat luas memang membutuhkan pengawasan dan penjagaan ekstra hati-hati. Lebih-lebih Indonesia adalah negara dengan struktur kepulauan dimana, Indonesia memiliki puluhan ribu pulau yang terpisah-pisah yang terbentang dari Sabang sampai Merauke melalui lautan yang sangat luas.

    Luas wilayah dan struktur kepulaun membuat penjagaan dan pengawasan batas wilayah serta ancaman kedaulatan menjadi semakin rentan jika Tentara Nasional kita atau perangkat militer kita tidak ideal dengan luasnya batas wilayah. Untuk itu Indonesia selalu meningkatkan kemampuan dan kekuatan militer baik dari sisi personil maupun persenjataan (alutsista). Laju perekonomian yang sedang rendah memang sangat mepengaruhi kekuatan militer Indonesia, dimana anggaran militer tidak berbeda jauh dibanding tahun sebelumnya sedangkan peralatan semakin berumur sehingga butuh peremajaan.

    Jika kita mengukur kekuatan militer Indonesia di tahun 2017 dengan mengacu pada data perbandingan militer di dunia yang dihimpun oleh lembaga GFP (Globalfirepower) Indonesia dengan segala peralatan militer yang ada menempati posisi / peringkat kekuatan militer ke-14 di dunia. Peringkat ini sebenarnya turun 2 angka di bandingkan peringkat militer Indonesia tahun 2016 yang menduduki posisi ke-12 dunia.

    Menurunya peringkat Indonesia di dunia menurut GFP ini, menempatkan Indonesia menjadi kekuatan militer no. 6 di Asia Pasifik dan tetap menjadi kekuatan militer terkuat di Asia Tenggara. Dengan kata lain peringkat kekuatan militer Indonesia no. 1 di Asia tenggara, no. 6 di Asia dan no. 14 di dunia dengan perbandingan 127 negara yang diperingkat.

    Anda mau percaya atau tidak demikianlah hasil (analisa) penilaian yang dikeluarkan oleh GlobalFirePower. Penilaian dari GlobalFirePower ini tentu saja tidak sembarangan, karena berdasarkan data komponen-komponen utama militer yang diperoleh dari berbagai sumber baik website publik maupun bocoran dokumen yang terpublikasikan. Walaupun diambil dari berbagai sumber, kita juga menyadari bahwa data militer suatu negara bersifat sangat rahasia yang mana data yang diperoleh GFP bisa saja mendekati atau jauh dari kondisi yang sesungguh-nya.

    Berikut adalah daftar peringkat militer dunia 14 besar versi GFP, dimana Indonesia menempati peringkat ke-14 saat ini.

    Peringkat
    Indek GFP dan Negara
    1
    0.0897 - Amerika Serikat
    2
    0.0964 - Rusia
    3
    0.0988 - Tiongkok
    4
    0.1661 - India
    5
    0.1993 - Prancis
    6
    0.2164 - Inggris
    7
    0.2466 - Jepang
    8
    0.2623 - Turki
    9
    0.2646 - Jerman
    10
    0.2724 - Italia
    11
    0.2824 - Korea Selatan
    12
    0.3056 - Mesir
    13
    0.3246 - Pakistan
    14
    0.3354 - Indonesia

    Kita harapkan terus ada perbaikan dan inovasi militer dari pemerintah Indonesia agar kedepan kemampuan dan kekuatan militer Indonesia semakin meningkat seiring dengan isu global yang membuat setiap negara harus membekali diri dengan pertahanan militer yang kuat.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Teknologi Militer

    Militer Dunia

    Militer Indonesia