• Blog Seputar Olahraga, Militer Indonesia dan Dunia

    Sabtu, 17 Juni 2017

    Mig-41 : Cikal Pesawat Tempur Super Generasi Ke-6 Buatan Rusia

    MIG-41
    Proyek Jet Tempur Super Generasi Ke-6 Buatan Rusia Mikoyan Mig-41 - Jika banyak negara pembuatan peralatan militer masih sibuk dengan pembuatan pesawat tempur generasi ke-5, maka negara adidaya Amerika dan Rusia sudah mulai memikirkan langkah yang lebih jauh dengan memulai proyek-proyek pembuatn pesawat tempur super generasi ke-6. Pada kesempatan kali ini, kita akan mengupas dan mengintip sedikit proyek pesawat tempur masa depan Rusia yaitu Mig-41 yang akan diproyeksikan sebagai pesawat tempur super untuk militer Rusia.

    Untuk melindungi wilayah udara yang luas, Rusia mengandalkan petempur jarak jauh yang kuat dan cepat Mikoyan MiG-31 Foxhound. Tapi sementara Moskow terus meningkatkan kemampuan interceptor dengan kecepatan Mach 2,83 tersebut, jet tersebut belum diproduksi sejak tahun 1994.

    Sementara armada MiG-31 Rusia saat ini kemungkinan akan dapat beroperasi samapai tahun 2030-an, Kremlin pada akhirnya harus mengembangkan penggantinya. Memang, Kremlin telah mendanai beberapa pekerjaan awal untuk mengembangkan penerus Foxhound yang sementara disebut MiG-41.

    "Ada beberapa diskusi dan penelitian awal tentang pengembangan penerus MiG-31 - namun pada tahap awal," kata analis pertahanan Rusia Vasily Kashin di Moscow's Higher School of Economics (HSE) kepada The National Interest.

    MiG-41 akan menjadi pengembangan yang sama sekali terpisah dari pesawat tempur superioritas Sukhoi T-50 PAK-FA generasi kelima Rusia. Pencegat baru yang potensial akan menjadi lebih dari apa yang disebut usaha generasi keenam yang serupa dalam konsep dengan Penetrating Counter Air A.S. atau program Navy's F / A-XX atau Next Generation Air Dominance.

    "Seperti yang saya mengerti, MiG-41 adalah semacam proyek futuristik yang masih dalam tahap desain konseptual," kata Kashin. "Saya pikir itu adalah proyek generasi 5++ atau 6. Jadi, kita mungkin harus menganggapnya memiliki status yang sama dengan proyek Gen 6 Amerika, Cina dan Eropa - sesuatu yang futuristik, yang, paling banter akan digunakan pada tahun 2035-40. "

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Teknologi Militer

    Militer Dunia

    Militer Indonesia